Minggu, 03 September 2017

Info Terbaru Cara dan Biaya Merakit Sepeda Listrik

Sekarang ini, sepeda listrik adalah jalan keluar unik untuk berkendara yang irit daya sekalian ramah lingkungan. Pasalnya, sepeda listrik adalah kendaraan yg tidak keluarkan emisi hingga begitu bersahabat.

Walau telah banyak produsen yang melaunching sepeda listrik, tetapi bila Anda jago merakit barang, tidak ada kelirunya Anda buat sepeda listrik sendiri. Pasalnya, merakit sepeda listrik cukup simpel serta bisa diaplikasikan pada semuanya type sepeda.

Pada intinya, agar bisa merakit sepeda listrik, dibutuhkan sebagian komponen salah satunya baterai, motor listrik atau dinamo type Brushless DC Motor (BLDC), pengatur dinamo, serta baterai monitor. Baterai diperlukan jadi sumber daya untuk menggerakkan motor. Volt yang dipakai sesuai dengan spesifikasi motor yang berkaitan.





Sesaat, motor listrik yaitu alat untuk merubah daya listrik jadi daya mekanik. Type motor yang dipakai untuk merakit sepeda listrik yaitu Brushless DC Motor (BLDC) serta ada dalam daya 200 Watt sampai 1. 200 Watt. Makin besar daya satu motor, jadi makin besar juga torsi yang dibuat sepeda listrik.

Lantas, bagaimana caranya merakit sepeda listrik simpel? Gunakan motor pada roda jadi penggerak. Berdasar pada letaknya, umumnya motor ini dipasang di roda belakang, roda depan, atau di ke-2 roda. Pemasangan di roda depan mempunyai tujuan supaya pengendara tetaplah dapat mengayuh sepeda, sedang di roda belakang mempunyai tujuan untuk peroleh daya yang maksimal.

Lantas, jadi sumber daya untuk menggerakkan motor, dibutuhkan baterai. Volt baterai sesuai dengan spesifikasi motor penggerak. Sesaat untuk Ampere, semakin besar, jadi juga akan memberi daya jangkau yang lebih jauh. Umumnya, baterai ini disimpan dengan dudukan dibagian belakang, di frame tengah, atau dimuka stang untuk kepraktisan. Tetapi bila baterai cukup berat, dianjurkan dipasang di belakang untuk keseimbangan sepeda.

Lalu, dibutuhkan juga kendali atau pengatur kecepatan. Alat ini berperan jadi pengatur kecepatan yang terbagi dalam dua jenis, yakni throttle control yang mengatur gas dari stang sepeda serta pedal assist sistem yang aktifkan motor lewat kaki. Tetapi biasanya, orang lebih pilih kendali lewat throttle control.

Diluar itu, cermati juga ketebalan ban serta system pengereman. Sesungguhnya, dengan ukuran ban serta beban sepeda yang enteng, cukup membutuhkan penggerak berdaya 250 Watt. Namun, bila dibutuhkan tenaga yang semakin besar, baiknya juga dibarengi dengan ganti ketebalan ban supaya daya cengkeram ke permukaan jalan jadi bertambah. System pengereman juga butuh ditukar dengan disc brake/cakram atau hydraulic brake.

Untuk cost merakit sepeda listrik sendiri cukup beragam, bergantung harga bahan atau part yang diperlukan. Motor brushed DC umpamanya, di tawarkan dengan harga mulai Rp1 juta-an sampai Rp4 juta-an, bergantung dengan besaran kemampuan motor yang berkaitan.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Info Terbaru Cara dan Biaya Merakit Sepeda Listrik